FE UGJ Torehkan Prestasi, dan Komitmen Tingkatkan Kualitas

FE UGJ Torehkan Prestasi, dan Komitmen Tingkatkan  Kualitas

CIREBON - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon hingga saat ini berhasil menorehkan beragam prestasi. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras civitas akademika FE UGJ yang berkomitmen untuk terus menjadi yang terbaik dalam proses pendidikan di lingkungkan fakuktas ekonomi.

Tidak hanya itu , support Rektor UGJ dan Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, membuat FE UGJ terus melesat menjadi fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak hingga saat ini.

Dekan Fakultas Ekonomi UGJ Cirebon, Dr Acep Komara MSi, didampingi Wakil Dekan I, Moh Yudi Mahadianto MM menjelaskan, saat ini sedang memasuki kegiatan PMB gelombang ketiga, FE ingin memelihara keunggulan. “FE UGJ  punya banyak potensi yang terus kita gali dan kembangkan, sehingga keunggulan ini ingin kita implementasikan untuk mencetak mahasiswa unggul,” kata Acep.

Keunggulan FE UGJ, menurut Acep, dari sisi usia, FE ada sejak berdirinya  univeristas.  “Maka FE ini paling tua, sisi pengalaman kelembagaan kami sudah sangat matang. Pengalaman akan menjadi faktor penentu dalan proses pengambilan kebijakan,” katanya.

Bagi Acep, pengalaman adalah guru terbaik. “Insya Allah penyelenggaraan pendidikan di FE sudah banyak hal-hal yang kita lalui sebagai prestasi. Dari sisi jumlah mahasiswa, FE terbanyak mahasiswanya yakni mencapai 3.500. Sudah memiliki guru besar, lektor kepala, dosen bergelar doktor 8 orang lulusan luar dan dalam negeri. Dosen yang menempuh doktoral 6 orang akuntansi dan 1 manajemen di UNS, Unsoed juga ada, total 13 dosen. Nilai Akreditasi Prodi Manajemen A, dan Prodi Akuntansi B,” papar Acep.

FE saat ini punya fasilitas lengkap ruang belajar ber-AC, semua dilengkapi infocus, proyektor, mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas belajar laboratorium komputer, tax center, galeri investasi, laboratorium ikatan akuntan publik Indonesia (IAPI) dan bisa membantu mahasiswa belajar.

Memiliki visi evolving excellent (mengembangkan keunggulan) maka FE berkomitmen untuk terus mengembangkan keunggulan. Bahkan, untuk membantu mahasiswa, FE menggandeng organisasi profesi IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) dan ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) sehingga bisa sharing Ilmu.

Tidak hanya itu, FE UGJ juga menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri. Membangun kerja sama luar negeri di antaranya  Rajamanggala University Thailand, UITM Malaysia, San Carlos University Philipina, Mastrich University Belanda, Poiters University Perancis dan Australia Queensland University.

Kerja sama yang sedang berjalan kuliah bersama mahasiswa dan dosen, riset bersama dosen mereka mengajar mahasiswa UGJ, begitu sebaliknya, Termasuk riset bersama. Bahkan, mahasiswa FE UGJ berkesempatan mengikuti  transfer kredit,  yakni pertukaran mahasiswa ke UITM Malaysia itu hibah Dikti sebanyak 2 mahasiswa Nurul Khoirunisa jurusan Manajemen dan Ainun Nisa Firdaus dari jurusan Akuntansi.

Prestasi lainnya,  mahasiswa akuntansi bernama Nada Nurjanah meraih juara 1 National Virtual Trading Competition 2021 di Kalbes University, juara 2 Online Theorty Competition 2021 atas nama Mariyah.

Selain itu ada RR Feranti Nur Rahmadita hadir di Forum Human Capital Indonesia pada program mahasiswa magang bersertifikat industri BUMN PMMB Batch 1 tahun 2021 selama 6 bulan.

Kemudian mahasiswa bernama Malik Maulana magang bersertifikat GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten) di PT ASABRI 12 Juni-31 Desember 2021, Mudrikah dan Nely Nur  Lestari  Hadi berhasil lulus seleksi program kampus mengajar angkatan 2 tahun 2021 tanggal 2 Agustus-17 Desember 2021 Prodi Akuntansi.

Selain itu mahasiswa Prodi Manajemen sebanyak 5 mahasiswa dan mahasiswa Prodi Akuntansi sebanyak 9 orang mahasiswa lolos Pendanaan Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021.

Masiswa Prodi Manajemen sebanyak 23 orang dan mahasiswa Prodi Akuntansi sebanyak 23 orang lolos program kampus merdeka dengan program pertukaran mahasiswa merdeka tahun akademik 2020/2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: